Sumber informasi: karakteristik, pengaruh, evaluasi, identifikasi

Definisi sumber informasi
Buka baca cepat

Sumber informasi adalah segala sesuatu yang dapat digunakan seseorang untuk mengetahui hal-hal baru dan memiliki sifat, yaitu (1) dilihat, dibaca dan diteliti, (2) digali, diteliti dan dianalisis, (3) dipergunakan ditransformasikan dan dikembangkan. ke dalam kegiatan – pendidikan, penelitian, kegiatan laboratorium, (4) pada orang lain. Menurut beberapa pendapat sumber belajar mempunyai arti yaitu: Sumber belajar meliputi segala sesuatu yang dapat digunakan untuk membantu setiap orang belajar dan menampilkan kompetensinya. Sumber belajar meliputi berita, orang, materi, alat, teknik, dan latar belakang.

Sumber-informasi-karakteristik-pengaruh-evaluasi-identifikasi

(Asosiasi Komunikasi dan Teknologi Pendidikan; 1994). Menurut Dirjen Dikti (1983: 12), sumber belajar adalah segala sesuatu dan dengan apa seseorang belajar sesuatu. Menurut Degeng (1990: 83) sumber belajar mencakup semua sumber yang dapat digunakan peserta didik untuk menciptakan perilaku belajar. Selama proses pembelajaran, komponen sumber belajar dapat digunakan secara individu maupun gabungan, baik sumber belajar yang direncanakan maupun sumber belajar yang digunakan. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa sumber belajar adalah semua sumber yang berupa data, orang dan bentuk tertentu yang dapat digunakan oleh siswa baik secara individu maupun gabungan dalam pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran atau untuk mencapai kompetensi tertentu. .
Sifat informasi

Berikut adalah beberapa ciri informasi, yaitu:

1. Tepat

Artinya informasi tersebut mencerminkan keadaan yang sebenarnya. Pengujian biasanya dilakukan melalui tes yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang berbeda. Jika hasil pengujian memberikan hasil yang sama, data dianggap benar.
2. Tepat waktu

Artinya, informasi harus tersedia atau tersedia saat Anda menginginkannya, bukan besok atau tidak dalam beberapa jam.
3. Relevan

Artinya informasi yang diberikan harus memenuhi persyaratan. Jika informasi ini diperlukan untuk suatu organisasi, informasi tersebut harus sesuai dengan kebutuhan informasi di tingkat yang berbeda dan di bagian yang berbeda di dalam organisasi.
4. Selesai

Artinya informasi tersebut harus diberikan secara lengkap.

Pengaruh sumber informasi terhadap sumber belajar

Sumber informasi memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap sumber belajar. Sumber informasi menyediakan segala sesuatu yang berguna untuk mempelajari sesuatu yang baru. Kelengkapan dan keakuratan informasi memiliki pengaruh yang besar terhadap hasil belajar karena informasi merupakan sumber utama belajar. Selain itu, kelengkapan informasi dapat mempermudah proses pembelajaran sehingga diperoleh berbagai informasi, pengetahuan, pengalaman dan keterampilan yang diharapkan. Mengingat sangat pentingnya pengaruh sumber informasi terhadap sumber belajar, maka penyaringan informasi menjadi hal utama yang perlu dilakukan. Hal ini untuk mencegah sumber informasi yang salah tempat bagi peserta didik agar tidak berbeda karena kebutuhan belajar yang berbeda dari masing-masing individu.
Selengkapnya: Rumusan Pancasila

Jenis sumber informasi

Jenis sumber informasi berikut ini adalah:
1. Secara visual

Merupakan sumber informasi yang dapat dilihat oleh indera penglihatan, dapat berupa tuli dan gambaran.
Contoh: buku, majalah, kertas
2. Audio

Merupakan sumber informasi yang hanya dapat diperoleh melalui indera pendengaran karena hanya berupa suara.
Contoh: radio
3. Audiovisual

Merupakan sumber informasi yang dapat diperoleh baik melalui indera penglihatan maupun pendengaran.
Contoh: Televisi, Pakar / Pakar, Ponsel, Internet

Evaluasi sumber informasi

Isi informasi umumnya berasal dari materi yang dipublikasikan, data dari lembaga penelitian dan layanan statistik pemerintah, serta dari informasi elektronik yang diperoleh dari layanan online. Saat menelusuri informasi, tidak jarang kita mengunduh informasi berbasis web yang menyesatkan setelah membacanya. Mungkin karena begitu cepat dan banyaknya informasi yang kita dapatkan, banyak informasi yang relevan terlewatkan begitu saja, sedangkan hasil yang kita dapatkan belum tentu dapat diandalkan. Tentu saja, anggota komunitas ilmiah memahami disiplin ilmu yang mereka yakini dan sumber informasi yang mereka terima tidak sama. Mereka mengevaluasi sumber informasi berbasis web untuk mengidentifikasi informasi yang menyesatkan. Oleh karena itu kita perlu mengembangkan ketrampilan untuk melakukan di

 

LIHAT JUGA :

https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/psiphon-pro/
http://linux.blog.gunadarma.ac.id/2021/05/11/psiphon-pro/
http://dewi_marisa12u.staff.ipb.ac.id/2021/05/11/alight-motion-pro/
http://dewi_marisa12u.staff.ipb.ac.id/2021/05/11/psiphon-pro/
http://www.unmermadiun.ac.id/sewulan/index.php/2021/05/kinemaster-pro-apk-mod/
http://www.unmermadiun.ac.id/sewulan/index.php/2021/05/alight-motion-pro/
http://www.unmermadiun.ac.id/sewulan/index.php/2021/05/psiphon-pro/
http://blog.dinamika.ac.id/arya/2021/05/11/alight-motion-pro/
http://blog.dinamika.ac.id/arya/2021/05/11/psiphon-pro/
https://bak.umtas.ac.id/gb-whatsapp-pro/
https://bak.umtas.ac.id/video-bokeh-museum/
https://bak.umtas.ac.id/alight-motion-pro/
http://blog.fk.unsoed.ac.id/2021/05/11/gb-whatsapp/
http://blog.fk.unsoed.ac.id/2021/05/11/alight-motion-pro/
http://blog.fk.unsoed.ac.id/2021/05/11/psiphon-pro/
http://blog.unnes.ac.id/agungrifzqi/alight-motion-pro/
http://blog.unnes.ac.id/agungrifzqi/psiphon-pro-apk-mod/
http://staff.unila.ac.id/siswantoro/psiphon-pro/
http://webblogkkn.unsyiah.ac.id/glumpangtutong8/gb-whatsapp-pro/
http://webblogkkn.unsyiah.ac.id/glumpangtutong8/kinemaster-pro/
http://webblogkkn.unsyiah.ac.id/glumpangtutong8/psiphon-pro/
http://firman.blog.unas.ac.id/