Pengertian WHO, Sejarah, Tujuan, Fungsi, Peran, Kegiatan

Saat ini kita akan membahas tentang WHO (World Health Organization) atau Organisasi Kesehatan Dunia yang dianugerahi berbagai poin penting. Penjelasannya sebagai berikut:

Definisi WHO (Organisasi Kesehatan Dunia)

pengertian-who

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO (World Health Organization) adalah badan PBB yang bertindak sebagai koordinator kesehatan masyarakat internasional dan berbasis di Jenewa, Swiss. WHO didirikan pada 7 April 1948 oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa. Manajer Umum saat ini, Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus. Banyak mandat dan perbekalan yang diwarisi oleh WHO dari organisasi sebelumnya, yaitu organisasi kesehatan, yang merupakan lembaga LBB.

Sejarah WHO (Organisasi Kesehatan Dunia)

Konstitusi WHO menyatakan bahwa tujuan pembentukan WHO adalah agar semua orang mencapai tingkat kesehatan yang setinggi mungkin. Peran utama WHO adalah memberantas penyakit terutama penyakit infeksi yang sudah menyebar luas.

WHO sendiri merupakan salah satu badan asli Perserikatan Bangsa-Bangsa. Konstitusinya pertama kali muncul pada Hari Kesehatan Dunia pertama, pada 7 April 1948, ketika diratifikasi oleh anggota PBB ke-26. Jawaharlal Nehru, seorang pejuang kemerdekaan penting dari India, telah memberikan pendapatnya tentang pembentukan WHO. Kegiatan WHO serta sisa kegiatan atau kegiatan organisasi kesehatan LBB (Liga Bangsa-Bangsa) diatur oleh komisi interim yang dibentuk pada konferensi kesehatan internasional pada musim panas 1946. Penggantinya akan melalui resolusi dari Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa. Layanan epidemiologi dari Office International d’Hygi√®ne Publique France diterima di Komisi Interim WHO pada tanggal 1 Januari 1947.

Tujuan dan fungsi WHO

Tujuan, fungsi dan peran WHO adalah mencapai derajat kesehatan tertinggi bagi semua orang di seluruh dunia. Untuk mencapai hal tersebut, WHO secara aktif menjalankan tugas-tugas diantaranya:

  • Memiliki tugas mengatasi kesehatan dengan membantu melaksanakan pantangan terhadap penyakit menular.
  • Memberikan bantuan kesehatan kepada negara-negara yang membutuhkan
  • Membantu meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan ibu dan anak
  • Promosi dan pendampingan dalam melaksanakan penelitian di bidang kesehatan.

Aktivitas dan aktivitas WHO

Selain mengatur upaya internasional untuk memerangi penyebaran penyakit menular seperti SARS, malaria, tuberkulosis, flu babi, dan AIDS, WHO juga mensponsori program-program yang bertujuan untuk mencegah dan mengobati penyakit-penyakit tersebut di atas. WHO mendukung pengembangan dan penyebaran vaksin yang aman dan efektif, diagnosis penyakit dan gangguan, dan obat-obatan. Setelah sekitar dua dekade (dua puluh tahun) melawan variola, WHO menyatakan pemberantasan cacar (variola) pada tahun 1980 dan ini adalah penyakit pertama dalam sejarah yang dimusnahkan oleh upaya manusia.

WHO bertujuan memberantas polio dalam beberapa tahun. Pada 3 Oktober 2006, WHO memperkenalkan HIV / AIDS Toolkit untuk Zimbabwe dengan standar internasional.

Selain itu, sebagai bagian dari misinya memberantas penyakit, WHO menjalankan berbagai kampanye terkait kesehatan, misalnya meningkatkan konsumsi buah dan sayur di seluruh dunia serta mengurangi konsumsi tembakau. Pada Februari 2007, para ahli bertemu di markas besar WHO di Jenewa dan melaporkan bahwa upaya mereka untuk mengembangkan vaksin pandemi influenza mengalami kemajuan yang baik.

Lebih dari 40 studi klinis telah diselesaikan atau sedang berlangsung, kebanyakan berfokus pada orang dewasa yang sehat. Beberapa perusahaan telah memulai uji klinis pada orang tua dan anak-anak setelah menyelesaikan penilaian keamanan pada orang dewasa. Sejauh ini, semua vaksin aman dan dapat ditoleransi atau diterima oleh tubuh pada usia berapa pun.

Demikian penjelasan tentang pengertian WHO, sejarah, tujuan, fungsi, peran, kegiatan dan kegiatan. Semoga apa yang telah dijelaskan diatas semoga bermanfaat untuk anda.

Sumber :