11 Spot Foto Pantai Sundak Jogja (HTM, Rute, Jam Buka)

Pantai Sundak Gunung Kidul

11 Spot Foto Pantai Sundak Jogja (HTM, Rute, Jam Buka)

Masih di kota Yogyakarta tapi bingung mau kemana selanjutnya? Mungkin Pantai Sundak adalah solusinya. Sedangkan kawasan ini merupakan rangkaian pantai di Gunung Kidul yang memiliki keunikan tersendiri.

Wisata pantai sundak, terdapat karang yang ada pada tahun 1930 menurut catatan sejarah. Batu karang yang di dalamnya terdapat gua masih terendam air laut. Seiring waktu, air laut ini juga mengembang. Kemudian terjadi perubahan struktur dimana permukaan air laut dan air menyusut.

Keunikan lain dari objek wisata ini adalah apa yang kita nikmati saat musim hujan terlihat seperti air sungai yang membelah pasir.

Menariknya, bagian pasir ini menghilang di musim kemarau. Oleh karena itu, kawasan ini juga sering disebut sebagai Pantai Wedi Belah.

Nah, menurut cerita warga, sundak ini sendiri berasal dari dua nama, yakni Asu dan Landak. Atau dalam bahasa Indonesia adalah anjing dan landak. Suatu ketika anjing ini sedang berjalan-jalan. Lalu masuk ke dalam gua. Di mana, ada bulu babi.

Anjing yang lapar itu mencoba memakannya. Akhirnya mereka berkelahi. Sayangnya, landak harus mengakui kemenangan kepada anjing karena setengah dari tubuhnya telah dimakan. Oleh karena itu daerah ini disebut Sundak.

Tiket Masuk Pantai Sundak
Tiket masuk Pantai Sunda
Foto: https://www.instagram.com/ika_jauar/

Biaya masuk pantai sundak adalah 10.000 rupiah. Dimana, kita sedang ditarik oleh TPR Baron.

Biaya parkirnya adalah 5.000 rupiah untuk pengemudi dan 2.000 rupiah bagi Anda yang membawa kendaraan bermotor.

Simak juga daftar 50 Tempat Wisata Pantai Gunung Kidul Terlengkap.
Rute ke lokasi
Jalan menuju pantai Sundak
Foto: https://www.instagram.com/lukman_nulchakim017/

Alamat Pantai Sundak terletak di Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881. Kita bisa memulainya dengan menuju kawasan Piyungan, Pathuk, Lanud Gading, Jalan Baron.

Sesampainya di Baron T Junction, ambil jalan menuju Kukup, Drini, Krakal hingga akhirnya tiba di objek wisata ini. Jadi mencari jalan menuju pantai sundak cukup mudah bukan?

Jika anda bingung dengan jalan menuju pantai sundak. Anda dapat menggunakan berbagai tanda yang terletak di sini. atau anda juga bisa menggunakan aplikasi berupa peta yang tersedia di smartphone anda.

Saat berkendara ke tempat ini, jalannya cukup sempit dan berkelok-kelok. Jadi lebih baik berhati-hati untuk tidak mengemudi terlalu cepat. Kanan dan kiri anda akan disuguhkan dengan hamparan persawahan yang hijau, sehingga sangat cocok untuk anda yang ingin cuci mata.

Kunjungi juga Pantai Wedi Ombo yang menawarkan pemandangan sunset terbaik.
kegiatan yang harus dilakukan
Wisata Pantai Sundak
Foto: https://www.instagram.com/enik456782310/

Saat sampai di pantai ini kita akan disambut oleh berbagai penginapan yang sangat ramah. Ada kamar mandi, mushola bagi yang mau sholat.

Tidak hanya di atas sana. Kami juga dapat melakukan berbagai jenis kegiatan yang pasti akan memberikan kesenangan dan kegembiraan yang maksimal.

Sumber :