Pahami cache, manfaat, dan cara menghapusnya

Cache adalah alat yang memungkinkan Anda mengakses situs web atau aplikasi lebih cepat. Namun, jika komputer Anda lambat, Anda perlu menghapus cache.

Pahami cache, manfaat, dan cara menghapusnya

Jadi apa sebenarnya cache itu? Jika perlu, apa kelebihan cache?

Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas apa itu cache, kelebihan dan kekurangannya, dan bagaimana cara membersihkan cache yang menyebabkan masalah. Ayo lihat selengkapnya!

Pahami-cache-manfaat-dan-cara-menghapusnya

Apa itu cache?

Cache adalah tempat penyimpanan sementara data pada sistem, baik itu komputer, aplikasi, atau situs web.

Dengan cache, mengakses permintaan yang sama berikutnya bisa lebih efektif karena hanya mengambil data yang disimpan secara lokal.

Misalnya, saat Anda mengakses situs web, browser menyimpan data sementara dari situs web tersebut. Jika nanti Anda ingin membuka halaman web yang sama, browser tidak harus memintanya lagi langsung dari server.
cara kerja cache

Proses caching ini tidak hanya terjadi di komputer. Hampir semua platform menggunakan sistem cache karena memiliki banyak kegunaan.
Manfaat Cache

Berikut adalah tiga manfaat yang dapat dicapai dengan menggunakan cache:
1. Mempercepat sistem

Keuntungan menggunakan cache adalah meningkatkan kinerja sistem Anda. Seperti penjelasan cara kerjanya, cache mempermudah proses kerja browser dan komputer.

Bayangkan jika setiap permintaan data selalu harus ke server, prosesnya akan lebih lama. Belum lagi ketika banyak permintaan yang berbeda datang pada saat yang sama dan sumber daya Anda terbatas. Tentu saja Anda harus bergiliran dan memakan waktu lebih lama.
2. Hemat data

Dengan cache, sistem tidak perlu berulang kali meminta informasi yang sama dari server. Saat digunakan di browser yang membutuhkan akses internet, hal ini tentunya akan lebih menghemat data.

Selain itu, pada smartphone yang sebagian besar aplikasinya selalu aktif, kebutuhan data non-cache tentunya akan sangat besar.
3. Akses mudah

Untuk aplikasi yang diakses secara online, memiliki cache dapat membantu mempermudah penggunaannya. Apalagi jika koneksi terputus.

Beberapa aplikasi PWA (Progressive Web App) juga dapat berjalan secara offline. Misalnya OLX, Trivago dan Twitter.

Ini bisa terjadi karena aplikasi ini menyebarkan data di cache. Ini memungkinkan Anda untuk melihat konten yang paling baru diakses secara offline juga.
Cache hilang

Meskipun sangat berguna, cache juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu:
1. Menghabiskan memori

Data cache disimpan dalam memori komputer atau smartphone. Meskipun ukurannya kecil, itu menumpuk dari waktu ke waktu dan mengisi memori.

Misalnya, aplikasi Chrome di smartphone awalnya hanya berukuran sekitar 30 MB. Namun, setelah digunakan dan menyimpan banyak cache, ukurannya menjadi ratusan MB.
konsumsi memori cache
2. Buat kesalahan aplikasi

Terkadang bisa terjadi error pada cache data store sehingga menyebabkan data menjadi corrupt atau rusak. Hal ini dapat mengakibatkan browser atau aplikasi tidak dapat memuat data, mengalami error atau bahkan berhenti bekerja.
3. Memblokir akses ke pembaruan terbaru

Cache menyimpan data saat situs web diakses untuk pertama kalinya. Jadi ketika Anda mengakses situs web yang sama, hanya data cache yang disajikan kepada Anda oleh browser. Bahkan jika situs web target Anda mungkin telah berubah atau diperbarui.

Ini terjadi terutama ketika ruang untuk cache penuh. Sehingga Anda tidak dapat mengakses website dengan lancar.

Dalam kondisi seperti itu, cache harus dibersihkan. Singkatnya, Clear Cache adalah upaya untuk mengosongkan cache untuk mengambil data baru langsung dari server.
Cara menghapus cache pada platform yang berbeda

Di sini kami menjelaskan cara menghapus cache pada platform yang berbeda:
Cara menghapus data cache di komputer

Berikut kami jelaskan cara menghapus data atau clear cache di komputer dengan sistem operasi Windows 10:

1. Klik logo Windows di sudut kiri bawah desktop Anda, lalu klik opsi Pengaturan.
Opsi pengaturan untuk menghapus cache

2. Di jendela Pengaturan, klik menu Sistem.
Pilih menu sistem di Windows 10

3. Klik tab Penyimpanan. Anda harus menunggu beberapa detik hingga data muncul. Setelah itu pilih menu Temporary files.
Bersihkan cache dengan memilih menu Storage and Temporary Files

Dalam menu ini Anda dapat melihat ukuran file-file sementara yang ada. Windows secara otomatis menandai jenis file yang aman untuk dihapus tanpa kehilangan data penting seperti unduhan.

4. Pilih

LIHAT JUGA :

jasa penulis artikel murah