Inilah Syarat Mendapatkan Dividen Saham

Berikut adalah persyaratan untuk menerima dividen saham:

Inilah Syarat Mendapatkan Dividen Saham

Definisi dividen saham

Sebelum bisa mendapatkannya, Anda perlu tahu persis apa itu dividen saham karena pasti akan terkait dan dibutuhkan jika Anda ingin mulai berinvestasi. Dividen berasal dari kata “devide” yang artinya membagi, jadi dividen saham adalah pembagian pendapatan perusahaan kepada semua investornya.

Besarnya dividen yang dapat dibagikan tentu saja tergantung pada jumlah keuntungan yang benar-benar dihasilkan perusahaan dan juga pada seberapa banyak Anda berinvestasi. Anda dapat menghitung semuanya setelah Anda tahu bagaimana dan dalam kondisi apa Anda menerima dividen saham.
Jenis dividen saham dan kapan harus membayarnya

Ada juga beberapa jenis dividen saham, hal ini juga sangat penting untuk diketahui agar Anda mengetahui jenis dividen saham apa yang Anda terima, termasuk kapan dibayarkan. Jenis dividen yang harus diperhatikan antara lain:
1. Uang tunai di tangan

Anda pasti sudah tahu bahwa bagi hasil atau deviden biasanya dibayarkan secara tunai, dengan bagi hasil biasanya dua kali setahun atau dua kali setahun. Penyaluran uang tunai ini biasanya dilakukan dengan cara wire transfer melalui rekening bank Anda sebagai investor. Dan itu adalah bentuk dividen yang paling umum.
2. Tanpa uang tunai

Bentuk pembagian dividen kedua yang dapat dipilih adalah dividen in kind, yaitu dividen dalam bentuk saham. Jenis ini dilakukan dengan cara ditempatkan dalam portofolio pada perusahaan sekuritas.

Selain kedua jenis dividen di atas, selain syarat-syarat untuk menerima dividen saham, ada juga beberapa informasi mengenai waktu pembayaran dividen. Biasanya dividen hanya dibayarkan setahun sekali, namun ada juga jenis dividen yang bisa dibayarkan lebih dari satu kali, yang disebut dividen interim. Dengan cara ini Anda harus memperhatikan kapan tepatnya pembayaran dividen dilakukan.
Persyaratan untuk menerima dividen saham

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada beberapa syarat untuk menerima dividen saham. Perhatikan pedoman dan lakukan langkah demi langkah dalam urutan yang benar. Beberapa syarat untuk menerima Dividen Saham adalah:
1. Pilih Gudang

Jika ini adalah pertama kalinya Anda menerima dividen, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui dan memilih saham yang Anda inginkan. Yakni, jenis-jenis saham yang rutin membayarkan dividen atau saham-saham yang masuk dalam indeks BEI.

Karena perusahaan hanya membayar dividen paling banyak satu atau dua kali dalam setahun, Anda perlu memantau emiten atau perusahaan yang membayar dividen pada waktu-waktu tersebut.
2. Lihat jadwal

Setelah Anda yakin dengan stok yang dipilih, Anda harus memilih jadwal. Anda biasanya dapat menemukan jadwal di situs web yang relevan. Yakni website www.ksei.co.id.
3. Catat dan pahami tanggal-tanggal penting

Jika melihat jadwal yang direkomendasikan pada poin sebelumnya, akan ada beberapa tanggal penting di dalamnya. Karena itulah tujuan melihat jadwal tadi. Beberapa tanggal penting adalah:

tanggal sperma

Satu tanggal penting, yang disebut cut-off date, adalah tanggal terakhir Anda, investor, akan membeli saham tertentu. Tanggal ini sebenarnya adalah tanggal ketika Anda berhasil memilih dan membeli saham suatu perusahaan. Oleh karena itu, proses pembelian saham perlu disesuaikan dengan tanggal penting ini.

mantan tanggal

Berikutnya adalah ex-date, yaitu tanggal Anda sudah menerima dividen dari saham. Jika investor seperti Anda berhasil membeli saham, pasti saat Anda akan menerima dividen adalah pada ex date.

tanggal perekaman

Ada tanggal penting lainnya, yaitu record date, yaitu hari dimana semua pemegang saham pemegang saham berhak atas dividen. Pada hari ini, semua data tentang hal-hal yang berkaitan dengan pendapatan dan pembayaran dividen dicatat. Sebagai seorang investor, tanggal ini seharusnya menjadi tanggal yang sangat penting bagi Anda yang ingin menerima dividen.

hari bayaran

Terakhir, tanggal pembayaran adalah tanggal pembayaran dividen saham. Dimana investor menerima dividen pada tanggal tersebut di atas. Perusahaan tentunya akan melakukan pembayaran dengan sangat tepat waktu, sehingga tanggal tersebut tidak akan terlewatkan dan harus selalu diperhatikan dan dicatat oleh setiap investor.

Sumber :