Hutan adalah: jenis, manfaat, sebaran dan inventarisasi

Definisi hutan
Buka baca cepat

Hutan adalah suatu kawasan atau areal yang ditumbuhi berbagai jenis pohon dan tumbuhan lainnya. Pengertian hutan adalah tempat di mana berbagai jenis tumbuhan rimbun hidup. Seperti semak, rerumputan, jamur, pakis, pohon dan tumbuhan lain pada areal yang sangat luas.
Pengertian hutan Menurut para ahli

Hutan-adalah-jenis-manfaat-sebaran-dan-inventarisasi

Berikut pendapat para ahli tentang hutan, yaitu sebagai berikut:

1. Menurut Sharma

Hutan adalah komunitas vegetasi di mana sebagian besar pohon kayunya tumbuh bersama dan dalam barisan yang rapat.
2. Menurut Helms

Hutan adalah ekosistem yang terdiri dari pepohonan yang luas dan berjajar rapat. Selain itu, tersusun dari suatu ekosistem berupa sediaan yang terdiri dari berbagai karakteristik antara lain struktur, kelas umur, komposisi, jenis, dan proses tertentu yang saling berkaitan.
3. Menurut Departemen Kehutanan

Hutan adalah ekosistem yang tersusun dari tutupan pohon yang tumbuh rapat atau kurang rapat di wilayah yang cukup luas.

4. Setelah Davis dan Johnson

Hutan adalah kumpulan dari beberapa bidang tanah yang ditumbuhi tanaman berupa pepohonan dan dikelola sebagai satu kesatuan yang lengkap untuk mencapai tujuan yang ditetapkan oleh pemilik tanah. Tujuannya adalah hasil hutan berupa kayu dan hasil lainnya yang berkaitan dengan kesatuan hak, kesatuan perencanaan, dan kesatuan pengelolaan.
5. Setelah Bruenig

Hutan adalah sebidang tanah yang ditutupi oleh pepohonan yang menciptakan iklim stagnan atau iklim mikro, mis. B. Lahan yang telah ditebang untuk reboisasi atau sengaja ditebang dan kemudian diubah menjadi hutan jika tanah tersebut adalah milik negara.
Fungsi hutan

Berbagai fungsi hutan mengikuti, yaitu sebagai berikut:

Hutan merupakan sumber kayu yang mendukung proses industri.
Hutan menjaga keseimbangan sistem lingkungan agar kondisi lingkungan menjadi stabil.
Hutan merupakan sumber penelitian yang dapat membantu kemajuan ilmu pengetahuan manusia.
Hutan menjaga kualitas tanah dan tetap subur. Ini karena hutan memiliki sebagian permukaan tanah yang berperan sebagai sumber humus.
Hutan dapat membantu perekonomian masyarakat di dalam hutan sehingga dapat meningkatkan pendapatan penduduk.

Baca lebih lanjut: Membaca Cepat
Jenis hutan

Ada beberapa jenis hutan yaitu sebagai berikut:
1. Berdasarkan fungsinya

Berdasarkan fungsinya hutan dibedakan menjadi:

Hutan lindung

Hutan lindung merupakan hutan yang berfungsi untuk menjaga pengelolaan lahan dan air kawasan.

Hutan cagar alam

Hutan cagar alam merupakan kawasan hutan karena keunikannya sifat-sifatnya yang dirancang khusus untuk perlindungan alam hayati atau manfaat lainnya. Cagar alam terdiri dari cagar alam dan cagar alam. Cagar alam adalah cagar alam yang keadaan alamnya mempunyai ciri tumbuhan, satwa, dan ekosistem atau ekosistem tertentu yang perlu dilindungi dan perkembangannya terjadi secara alami. Cagar alam merupakan cagar alam yang memiliki ciri khas keanekaragaman atau keunikan jenis satwa yang habitatnya dapat dikembangkan untuk kelangsungan hidupnya.

Wisata hutan

Hutan wisata adalah hutan yang akan dipromosikan dan dipelihara untuk kepentingan pariwisata atau pariwisata baru. Hutan wisata tersebut terdiri dari Taman Wisata, Taman Baru dan Taman Laut. Taman wisata adalah sebuah hutan wisata yang memiliki keindahan alam, baik keindahan tumbuhan maupun satwa, serta keindahan alam itu sendiri yang memiliki corak khas yang dapat digunakan untuk keperluan rekreasi dan budaya. Taman Baru adalah hutan wisata yang memiliki hewan baru yang memungkinkan perburuan rutin untuk tujuan rekreasi. Taman laut merupakan suatu kawasan laut lepas pantai atau laut yang masih dalam batas wilayah laut Indonesia yang memiliki batuan atau biota yang kosong. Ada ekosistem dan keindahan khusus di kawasan ini, yang keadaan alaminya tidak berubah secara fisik oleh tindakan manusia. Salah satu contoh taman laut adalah Taman Laut Bunaken (Sumatera Utara).

Hutan produksi

Hutan Produksi berperan sebagai penghasil kayu atau bukan kayu seperti industri kayu dan medis.
2. Berdasarkan jenis pohonnya

Bergantung pada spesies pohonnya, hutan dapat dibagi menjadi:
1. Hutan heterogen

Hutan heterogen adalah hutan dengan jenis pohon yang berbeda-beda, misalnya hutan rimba. Biasanya, di daerah tropis dengan hujan lebat, seperti Amerika Tengah dan Selatan, Afrika, Asia Tenggara, dan Australia Timur Laut, pepohonannya tinggi dan berdaun lebar. Di Indonesia terdapat hutan heterogen di pulau Jawa, Sumatera dan Kaliman

 

LIHAT JUGA :

https://teknologia.co.id/
https://butikjersey.co.id/
https://kabarna.id/
https://manjakani.co.id/
https://sewamobilbali.co.id/
https://deevalemon.co.id/
https://cipaganti.co.id/
https://pulauseribumurah.com/
https://pss-sleman.co.id/
https://mitranet.co.id/