Cara Memperbaiki SD Card yang Rusak dan Tidak Dapat Dibaca, Sederhana dan Mudah!

Memperbaiki kartu SD yang rusak sebenarnya sangat mudah, terutama ketika Anda menemukan kartu SD tidak terbaca berkali-kali.

Cara Memperbaiki SD Card yang Rusak dan Tidak Dapat Dibaca, Sederhana dan Mudah!

Meski smartphone terbaru saat ini cenderung hadir dengan penyimpanan internal yang besar, namun menggunakan kartu SD alias kartu SD sepertinya masih menjadi pilihan.

Cara-Memperbaiki-SD-Card-yang-Rusak-dan-Tidak-Dapat-Dibaca,-Sederhana-dan-Mudah!

Hanya saja media penyimpanan ini tentunya tidak akan terhindar dari yang namanya masalah SD Card yang corrupt, mulai tidak terbaca, data yang corrupt dan lainnya.

Nah, untuk memperbaikinya kali ini Jaka punya 5 cara memperbaiki kartu SD rusak yang bisa kamu coba dengan mudah dan sangat efektif!

DAFTAR ISI

Cara memperbaiki kartu SD yang rusak
Membersihkan Kartu Memori (Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak Tanpa Memformat)
Coba kartu SD di smartphone lain
Periksa kesalahan melalui PC/laptop
Format melalui ponsel Android
Format melalui PC/Laptop

Cara memperbaiki kartu SD yang rusak
Cara memperbaiki kartu SD yang rusak 00 268a8
Sumber foto: klikforklik.com

Sama seperti SSD laptop, ada juga kartu SD di pasaran saat ini dengan berbagai jenis, kecepatan, dan kapasitas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Mulai dari kapasitas yang paling rendah yaitu 4GB, hingga 2TB

yang cukup besar untuk sebuah SD card.

Sayangnya, pengguna sering menghadapi masalah kartu SD yang rusak seperti kartu SD yang rusak. B. Kartu SD yang tidak terbaca yang mengganggu aktivitas terutama ketika semua data, foto, dan video disimpan di dalamnya.

Daripada bingung, Jaka telah merangkum berbagai cara untuk memperbaiki kartu memori yang tidak terbaca khusus untuk Anda.
1. Bersihkan Kartu Memori (Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak Tanpa Memformat)
Kartu SD rusak 5cd34
Sumber Foto: lovemysurface.net (Salah satu cara paling umum untuk memperbaiki kartu SD yang rusak adalah dengan membersihkan konektornya).

Jika kartu memori tidak terbaca atau dikenali saat dimasukkan ke dalam smartphone, langkah pertama untuk memperbaiki kartu SD yang rusak adalah dengan membersihkan port yang tersedia.

Dengan cara ini, Anda juga dapat memperbaiki kartu SD yang rusak tanpa memformatnya. Untuk cara lengkapnya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Keluarkan kartu SD dari perangkat yang Anda miliki seperti ponsel cerdas, kamera, atau kamera aksi.
Kemudian bersihkan pelat tembaga (warna kekuningan) yang berfungsi sebagai sumbat dengan penghapus. Gosok perlahan hingga terasa bersih.
Jika ya, pasang kembali ke gadget dan pastikan kartu SD yang rusak sudah terbaca atau belum.

Jika cara ini berhasil memperbaiki kartu memori yang benar-benar rusak, Anda juga dapat menggunakan kembali kartu SD untuk menyimpan berbagai file termasuk video YouTube yang diunduh.
2. Coba kartu SD di smartphone lain
Cara memperbaiki kartu SD yang rusak 05fdb
Sumber foto: wirecutter.com

Cara termudah untuk memperbaiki kartu SD yang rusak adalah dengan mencoba kartu SD di smartphone lain.

Tentunya hal ini dapat mendeteksi apakah kerusakan terjadi pada kartu memori Anda atau pada slot memori smartphone Anda, gear.

Yang harus Anda lakukan adalah memasukkan kartu SD yang Anda lepaskan ke smartphone Android lain. Periksa apakah kartu SD dikenali dan berfungsi dengan baik atau tidak.

Jika kartu memori ternyata tidak terbaca di Samsung, Vivo atau ponsel lainnya, Anda dapat melanjutkan di bawah ini untuk memperbaiki kartu SD yang rusak berikutnya.
3. Periksa kesalahan melalui PC/laptop
Cara memperbaiki kartu SD 99c99 yang rusak
Sumber Foto: videohive.com (Solusi lain untuk memperbaiki kartu memori yang rusak adalah dengan memecahkan masalah PC/Laptop).

Kemudian anda juga bisa menjalankan error check melalui PC atau laptop terlebih dahulu untuk melihat apakah SD card anda bermasalah atau tidak.

Trik ini juga bisa kamu lakukan saat SD card tidak bisa diformat, geng. Untuk langkah-langkahnya bisa Anda lakukan sebagai berikut.

Untuk pertama kalinya, masukkan kartu SD ke dalam smartphone dan sambungkan ke PC/laptop menggunakan kabel data.
Jika sudah terhubung, ubah mode dari media transfer mode (MTP) ke mode mass storage (MSC).
Kemudian cukup buka Explorer (Windows + E) dan kemudian klik kanan pada drive kartu SD. Pilih menu Properties > Tools > Error Checking dan tunggu hingga proses selesai.
Lakukan eject setelah proses selesai

Lihat juga :

https://oktagon.co.id

apk penghasil uang